Wednesday 14 October 2015

fee for service

Fee-for-service  adalah suatu model jasa yang digunakan oleh organisasi yang menyediakkan layanan bagi costumer untuk menghasilkan pendapatan melaluipengisian atau meminta biaya untuk layanan dan produk yang telah digunakan oleh costumer.

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan fee-for-service  untuk mobile phone. Dari pengertian secara general tentang fee-for-service  diatas, jika diterapkan ke mobile phone, maka perusahaan yang menyediakan layanan untuk mobile phone bisa mendapatkan keuntungan dari aplikasi atau content yang mereka jual kepada pelanggan dengan cara jika costumer melakukan download atau request pada layanan yang disediakan, maka mereka harus membayar untuk layanan tersebut, pembayaran pada umumunya dipotong dari pulsa yang dimiliki oleh costumer.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali perusahaan yang menyediakan fee-for-service  bagi pengguna mobile phone atau smart phone. Contohnya, pada saati ini marak sekali iklan-iklan untuk content-content game yang bisa didapat seharga Rp. 1000,- dengan hanya “KETIK REG SPASI GAME” atau fasilitas chatting dengan “KETIK REG SPASI CHATTING”, bahakan untuk mengetahui zodiak, ada juga yang menggunakan fasilitas “KETIK REG SPASI ZODIAK” yang menyebabkan costumer yang menggunakan jasa tersebut, dikenakan biaya sesuai dengan tarif dari content yang digunakan. Perusahaan dari penyedia content tersebut biasanya akan terus melakukan pemotongan pulsa costumer sebagai biaya penggunaan content dalam jangka waktu tertentu terkecuali sampai pada saat costumer melakukan UNREG untuk layanan yang sedang mereka gunakan.

The new interesting fee-for-service  in Indonesia
Melalui tulisan saya kali ini, saya akan menjelaskan sebuah ide untuk menerapkan sebuah fee-for-service yang baru untuk smartphone atau PDA yang pastinya sangat menarik dan memiliki prospek yang bagus jika dapat diterapkan di Indonesia.

Pada saat ini kita pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa aplikasi berbasis geotagging seperti Google Maps ataupun Google Earth yang merupakan termasuk free service yang disediakan oleh sebuah perusahaan multinasional yang berasal dari Amerika yaitu Google.

Untuk pengguna Smartphone saat ini, banyak sekali dari mereka yang menggunakan aplikasi berbasis geotagging tersebut untuk membantu kelancaran aktifitas mereka sehari-hari. Saya sendiri sering menggunakan aplikasi Google Maps jika sedang berpergian didalam kota Jakarta ataupun jika saya sedang berpergian keluar kota sebagai aplikasi yang dapat menunjukkan arah jalan terdekat untuk mencapai tujuan agar tidak tersesat. Aplikasi ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan Global Positioning System (GPS).

Penggunaan GPS untuk menunjukkan arah dari BiNus Internasional menuju Plaza Semanggi
Melihat fungsi aplikasi tersebut yang tentunya sangat bermanfaat, bagaimana jika GPS model tersebut dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan yang bersedia untuk melakukan resarch & development untuk membuat sebuah aplikasi baru dengan penambahan dan pengubahan fitur untuk memiliki fungsi yang berbeda dari fungsi sebelumnya yaitu sebagai panduan penunjuk jalan.

Dalam tulisan ini saya akan meyebut aplikasi baru tersebut dengan nama "Where Are You!

Where Are You!

Kegunaan dari costumer yang menggunakan aplikasi ini menurut saya sangat bermanfaat bagi seluruh orang baik untuk usia remaja, muda, maupun bagi orang lanjut usia ......
Dengan aplikasi ini, sesorang dapat mengetahui lokasi atau tempat-tempat mana saja yang dikunjungi oleh temannya pada satu hari (24 jam).
Berikut ini akan saya jelaskan Manfaat lain dari aplikasi ini dengan lidah versi Marketer dan CEO. No offense ^^.

Marketer:

  1. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi orang tua yang bawel dan terlalu protective bagi anak-anaknya yang suka keluyuran entah kemana atau bolos dari sekolah.
  2. Bagi istri atau suami yang sudah mencapai usia perkawinan 10 tahun ++ yang mulai mencurigai tempat-tempat mana saja yang sering dikunjungi pasangannya.
  3. Bagi Cowo yang curiga pacarnya pegi dugem tengah malam. Wkwkakka.
  4. Pikirin sendiri.

CEO

  1. Selain dapat menunjukkan lokasi dari orang yang sedang kita tracking, Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur chatting ataupun status changing yang mana fitur ini akan di design seperti sebuah messnger chat seperti  yang dimiliki oleh Yah**! ataupun GT*lk.
  2. Jika anda tidak mengetahui lokasi dari Smartphone atau PDA anda yang bisa disebapkan oleh lupa meletakkan, hilang, dll. Aplikasi ini juga bermanfaat sebagai Phone Locator untuk dapat mengetahui lokasi dari Mobile Phone anda.
  3. Untuk fungsi selanjutnya sedang kami kembangkan oleh R&D Team perusahaan kami.
Secara simplenya, poin-poin diatas adalah penjabaran secara singkat manfaat utama dari aplikasi Where Are You! ini.

How it works?

Berikut ini akan saya jelaskan secara mudah bagaimana aplikasi tersebut bekerja:
  1. Sebelum menggunakan aplikasi ini costumer terlebih dahulu diwajibkan melakukan download aplikasi dari website developer atau juga bisa melalui App World yang ada pada BB atau App Store pada iPhone.
  2. Kemudian mereka melakukan registrasi ID, Password, dan data-data lainnya.
  3. Selanjutanya untuk dapat login menggunakan layanan Where Are You! ini pelanggan diwajibkan melakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang telah ditentukan, untuk satuan hari, minggu, ataupun bulan.
  4. Untuk dapat melakukan tracking, chatting, dan lain sebagainya. Costumer terlebih dahulu harus melakukan add friend bagi orang lain, add friend dapat dilakukan dengan media phone number, account name, ataupun melalui e-mail. Oleh karena itu aplikasi ini tidak dapat digunakan sebagai illegal spying yang dapat menggangu privacy dari orang lain. Karena pada tujuan awal, aplikasi ini diposisikan bagi keluarga atau teman yang sama-sama ingin mengetahui apa saja kegiatan dan lokasi dari temannya.
    Replika screenshot dari aplikasi Where Are You! saat seseorang dengan ID A sedang melakukan track pada lokasi dari temannya. Terlihat pada gambar, salah satu temannya dengan ID I sedang berada Fish & Co dan berlokasi tidak jauh dengan dia yang sedang berada di Hard Rock Café
     Baiklah, sekian pembahasan dari ide saya untuk salah satu aplikasi fee-for-service  yang mungkin sangat berguna untuk dapat diterapkan bagi pengguna smartphone di Indonesia. 

No comments:

Post a Comment